JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Hubungan Kepercayaan Diri dengan Motivasi Belajar Intrinsik Siswa di SMAN 6 Kota Jambi

Helen Ara Kristina S (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi)
Rasimin Rasimin (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi)
Freddi Sarman (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena rendahnya kepercayaan diri pada siswa dalam proses belajar mengajar disebabkan oleh kurangnya motivasi dari siswa. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku siswa yang pasif dalam kegiatan belajar, takut ditertawakan saat berpendapat, ragu untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Keadaan ini sejalan dengan temuan peneliti dilapangan, ditemukan siswa yang suka menyendiri dikarenakan tidak dapat bersosialisasi dengan teman sekelas. Ditemukan pula siswa yang gugup dalam menyampaikan pendapat, takut untuk bertanya, lambat dalam menyimpulkan pelajaran sehingga saat proses belajar-mengajar berlangsung siswa terlihat pasif dan bersikap hanya mendengarkan penjelasan saja. Hal tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Seberapa besar tingkat kepercayaan diri siswa SMA Negeri 6 Kota Jambi. (2) Seberapa besar tingkat motivasi belajar intrinsik siswa SMA Negeri 6 Kota Jambi. (3)Untuk mengetahui adakah hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar intrinsik siswa SMA Negeri 6 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan XII SMAN 6 Kota Jambi dengan jumlah 90 siswa menggunakan teknik random sampling. Untuk mengetahui tingkat ketepatan dan keabsahan instrumen ini dilakukan uji korelasi menggunakan bantuan program SPSS.20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kepercayaan diri siswa SMAN 6 Kota Jambi sebesar 70% pada kategori tinggi. (2) Tingkat motivasi belajar intrinsik siswa SMAN 6 Kota Jambi sebesar 63% pada kategori tinggi. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar intrinsik dengan korelasi positif sebesar 0,499.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...