JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MAN 1 Kabupaten Labuhanbatu Utara

Nadya Amalia Hutagalung (Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Masganti Sitorus (Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ripho Delzy Perkasa (Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan problem based learning pada mata pelajaran sosiologi kelas X MAN 1 Labuhanbatu Utara. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IPS. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling, dengan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen 1 setelah perlakuan adalah 74,16 sedangkan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen 2 setalah perlakuan adalah 70. sekitar 4,16 poin memisahkan rata-rata hasil posttest antara kedua kelas. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis Setelah skor dihitung, ditemukan bahwa dalam hal ini yang diamati adalah thitung lebih kecil dari ttabel. Hal tersebut bisa dilihat bahwa 2,11< 2,39. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) adalah ditolak dan hipotesis nol (H0) terima. penulis melihat adanya perbedaan antara kedua model yang digunakan yaitu model discovery learning dan model problem based learning terhadap hasil belajar sosiologi siswa, dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan yang cukup besar atau secara signifikan antara kedua model setelah dilakukan pengujian hipotesis. kesimpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar kedua kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan problem based learning pada mata pelajaran sosiologi kelas X MAN 1 Labuhanbatu Utara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...