JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Multiliterasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Hesty Tri Shafani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Septy Nurfadhillah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sa’odah Sa’odah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman multiliterasi pembelajaran bahasa indonesia yang dialami siswa kelas IV SDN Keroncong Mas Permai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Keroncong Mas Permai. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat siswa yang mampu dalam membaca pemahaman dan masih terdapat siswa yang belum mampu dalam membaca pemahaman multiliterasi pembelajaran bahasa indonesia siswa di kelas IV SDN Keroncong Mas Permai. Kemampuan membaca yang dialami siswa yaitu (1) mampu menentukan ide pokok, (2) mampu menentukan kalimat utama, (3) mampu menjawab pertanyaan (4) mampu menceritakan kembali isi bacaan (5) mampu menentukan kesimpulan dalam bacaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...