Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematik
Vol 1, No 1 (2014): Prosiding Seminar Nasional Matematika 2014

KONSTRUKSI MELALUI AKTIVITAS THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Zaini, Zaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2014

Abstract

Tingkat perkembangan intelektual anak oleh J. Piaget merupakan dasar pertimbangan dalam membelajarkan matematika kepada siswa.Teori belajar yang merujuk terhadap gagasannya dan pengembangannya mengedepankan pengetahuan sebagai produk yang harus dibangun (bukan hasil transfer) oleh siswa/mahasiswa.Peran guru/dosen pada kegiatan pembelajaran menempatkan sebagai fasilitator dan mediator.Untuk mengefektifkan kegiatan konstruksi, disarankan agar dilaksanakan melalui interaksi sosial yang mendasari tingkat kerja mental tingkat tinggi dimana individu memiliki tingkat perkembangan aktual (kemampuan memecahkan masalah secara mandiri) dan potensial (kemampuan memecahkan masalah di bawah bimbingan orang/teman sebanyanya yang lebih mampu).Makalah ini memaparkan kegiatan konstruksi dalam interaksi sosial (think pair share) dalam membuktikan teorema.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

PSMP

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Prosiding Semnas Matematika dan Pendidikan Mamatika adalah prosiding kumpulan artikel hasil seminar nasional matematika dan pendidikan matematika. Tema semnas berbeda setiap terbitan disesuaikan dengan tema yang dikembangkan oleh panitia semnas. Terbit satu kali dalam setahun secara serial antara ...