Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
Vol 4, No 1 (2018): Maret

KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN PBP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA

Apriawan, Andika Apriawan Andika (Unknown)
Sugiharsono, Sugiharsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan satu kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Mataram. Jumlah sampel tiga kelas yang diambil secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan saintifik dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis projek (PBP) efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan signifikansi 0,04, dan 2) pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran berbasis projek (PBP) lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan jiwa kewirausahaan siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan signifikansi 0,04 masing-masing variabel pada kelas eksperimen, 0,056 dan 0,090 masing-masing variabel pada kelas kontrol pertama, 0,483 dan 0,555 masing-masing variabel pada kelas kontrol kedua.Kata Kunci : pendekatan saintifik, metode pembelajaran berbasis projek, metode pembelajaran konvensional, motivasi berprestasi, jiwa kewirausahaan.         Abstract: This study was a quasi-experimental research using one experimental group and two control groups. The population of this study were all students of class X MAN 2 Mataram. The technique of taking samples used random (random sampling). The results of this research show that: 1) the scientific approach using project-based learning (PJBL) method is effective in improving students’ achievement motivation and entrepreneurial spirit in economic subjects with 0.04 of significance level, and 2) the scientific approach project-based learning method is more effective than conventional teaching methods in improving students’ achievement motivation and entrepreneurial spirit in economic subjects with 0.04 of significance level in each variable for the experimental class, whereas first control class in each varibel is 0.056 and 0.090, and then the second control class in each varibel was 0.483 and 0.555.Keywords: Scientific Approach, Project-Based Learning Method, Conventional Teaching Methods, Achievement Motivation, and Entrepreneurial Spirit.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains ...