Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
Vol 7, No 1 (2021): Maret

EFEKTIVITAS PROGRAM DESA MEMBANGUN TERHADAP PENDIDIKAN MASYARAKAT DI DUSUN BARE DUE DESA SEPAPAN KECAMATAN JEROWARU

Aini, Zohratul (Unknown)
Suharyani, Suharyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat efektivitas program desa membangun terhadap pendidikan masyarakat di Dusun Bare Due Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur NTB tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas program desa membangun terhadap pendidikan masyarakat di Dusun Bare Due Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur NTB tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product). Penentuan sampelnya menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah subyek 20 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai teknik pokok dan dokumentasi sebagai teknik pelengkap, dengan instrument penelitian angket dan panduan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik dengan rumus meanĀ  ideal (Mi), Standar deviasi ideal (SDi) dan persentase. Hasil dari analisis persentase dengan pendekatan statistik non parametrik data menunjukkan bahwa komponen context masuk kategori tinggi yakni 55%, komponen input masuk kategori tinggi yakni 59%, komponen process masuk kategori tinggi yakni 54%, dan komponen product pada kategori tinggi yakni sebesar 60%. Sedangkan hasil secara keseluruhan berada pada kategori sedang yakni sebesar 53,75% yang berarti sudah berjalan secara efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa, Efektivitas Program Desa Membangun Terhadap Pendidikan Masyarakat di Dusun Bare Due Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur NTB tahun 2021 sudah berjalan secara efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.Kata Kunci: Program Desa Membangun, Pendidikan MasyarakatAbstract: The problem in this study is how the level of The Effectiveness of Village Development Program towards Community Education in Bare Due Sepapan Vilage, Jerowaru District, East Lombok, 2021. This study aims to The Effectiveness of Village Development Program towards Community Education in Bare Due Sepapan Vilage, Jerowaru District, East Lombok, 2021. This study used an evaluative method with the CIPP evaluation model (context, input, process, and product). Determination of the sample used purposive sampling method with the number of subjects 20 people. The data collection techniques used are questionnaires as the main technique and documentation as a complementary technique, with questionnaire research instruments and documentation guides. While the data analysis method used percentage analysis with a non-parametric statistical approach with the ideal mean (Mi), ideal standard deviation (SDi) and percentage formulas. The results of the percentage analysis with a non-parametric statistical approach show that the context component was in the high category, namely 55%, the input component was in the high category, 59%, the process component was in the high category,54%, and the product component was in the high category, which is 60%. While the overall results are in the moderate category, which was 53.75%, which means that it has been effectively. So it can be concluded that The Effectiveness of Village Development Program towards Community Education in Bare Due SepapanVilage, Jerowaru District, East Lombok, 2021 has been effectively in accordance with the objectives to be achieved.Key Words: Village Development Program, Community Education

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains ...