HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Vol 7, No 2 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal Tertua Dan Terbaik di Provinsi Lampung: Sebuah Tinjauan Awal

Bobi Hidayat (Universitas Muhammadiyah Metro)
K Kuswono (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ragil Agustono (Universitas Muhammadiyah Metro)
Umi Hartati (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2020

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah ingin mengetahui secara historis apa yang menjadi latarbelakang pendirian TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal tertua dan terbaik di Provinsi Lampung. Selain itu yang ingin dipaparkan dalam penulisan artikel hasil penelitian ini adalah bagaimana strategi yang digunakan oleh sekolah untuk mempertahankan keberadaan sekolah hingga saat ini dan menjadi TK ‘Aisyiyah unggulan di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis dengan menggunakan 4 langkah yaitu 1). Heuristik, 2). Kritik sumber, 3). Interpretasi, dan 4). Historiografi. Untuk merealisasikan langkah penelitian sejarah, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam, observasi lapangan langsung, dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal tertua di Provinsi Lampung yaitu TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Teluk Betung Selatan yang berdiri pada tahun 1955.  Sedangkan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal terbaik di Provinsi Lampung yaitu TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pringsewu yang berdiri pada tahun 1961. Untuk mempertahankan eksistensi TK, TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal melibatkan masyarakat khususnya anggota ‘Aisyiyah dan masyarakat umum lainya dalam menajalankan kegiatan di TK baik dalam hal tenaga pengajar, sumbangan dana dan pengembangan program-program kerja lainya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Field of History education, for example the model of developing historical learning. Historical Studies, for example, history of the movement, history of ...