Stilistika
Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

I Wayan Gunartha (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Dewa Ayu Widiasri (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat instrumen pengukuran tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berbentuk ceklist. Sebelum diujicobakan di lapanagan, instrumen divalidasi oleh pakar, guru TK, dan kepala TK. Subjek coba dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok B. Ujicoba dilakukan tiga tahap dengan jumlah subjek coba semakin meningkat. Analisis hasil validasi pakar dan praktisi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji coba dianalisis dengan Confirmatory Factor Analysis. Berdasarkan validasi pakar dan praktisi, instrumen memiliki kualitas yang baik dan hasil ujicoba lapangan menunujukkan bahwa semua butir memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, serta kecocokan model yang baik. Abstract This study aims to develop a set of quality measurement instruments for the level of achievement of language development for children aged 5-6 years. This research is a research and development (research and development). The instrument developed was an observation sheet in the form of a checklist. Before being tested in the field, the instruments were validated by experts, kindergarten teachers, and kindergarten heads. The test subjects in this study were kindergarten children group B. The trial was carried out in three stages with the number of experimental subjects increasing. Analysis of the validation results of experts and practitioners using descriptive analysis. The trial results were analyzed by Confirmatory Factor Analysis. Based on the validation of experts and practitioners, the instrument has good quality and the results of field trials show that all items have good validity and reliability, as well as good model fit.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

stilistika

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Perkembangan dan dinamika ilmu pengetahuan, termasuk salah satunya ilmu pendidikan bahasa dan seni sangatlah pesat. Perlu sebuah wadah untuk menampung dan menyebarluaskan kemajuan ilmu pendidikan bahasa dan seni secara berkesinambungan agar dapat mengedukasi masyarakat. Civitas akademika FKIP ...