Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam
Vol. 2 No. 2 (2022): Juli

Kemandirian Siswa Kelas XI TKR 1-2 SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung

Ida Wahyu (SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1-2 SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung sejumlah 70 siswa dengan menggunakan teknik sampling total. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kemandirian yang berupa skala likert sebanyak 30 item pernyataan. Instrumen diuji validitas dengan menggunakan SPSS rumus Product Moment, selanjutnya diuji reliabilitas dengan menggunakan SPSS rumus Alpha Cronbach. Setelah diuji validitas dan reliabilitas dilakukan penelitian dengan menyebarkan instrumen kepada sampel penelitian. Selanjutnya dilakukan uji analisis statistik deskriptif tingkat kemandirian siswa dalam kategori rendah sebesar 48.57%, dalam kategori tinggi sebesar 50% dan kategori sangat tinggi sebesar 1.43%. kedekatan hubungan emosional antara siswa dengan guru atau dengan orang tuanya dalam kategori rendah sebesar 45.71%, dalam kategori tinggi sebesar 48.57% dan kategori sangat tinggi sebesar 5.72%. tingkat kemandirian tingkah laku siswa dalam kategori sangat rendah sebesar 2.86%, dalam kategori rendah sebesar 45.71%, dalam kategori tinggi sebesar 45.71% dan kategori sangat tinggi sebesar 5.72%. tingkat kemandirian nilai siswa dalam kategori sangat rendah sebesar 7.14%, dalam kategori rendah sebesar 50% dan dalam kategori tinggi sebesar 42.86%. Hal tersebut menunjukkan siswa memiliki cukup kemampuan dalam memaknai seperangkat prinsip tentang benar dan salah, tentang apa yang penting dan apa yang tidak penting.Hal tersebut menunjukkan siswa memiliki cukup kemampuan dalam memaknai seperangkat prinsip tentang benar dan salah, tentang apa yang penting dan apa yang tidak penting. Mengingat pentingnya untuk menstimulasi kemandirian siswa maka diperlukan sinergi antara pihak sekolah dengan peran orang tua dalam pendidikan anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbki

Publisher

Subject

Religion Health Professions Social Sciences

Description

An objective of the Al-Ihath Journal of Guidance, Counseling and Psyhology is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of Counseling research. The Al-Ihath is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of ...