BAHAS
Vol 33, No 4 (2022): BAHAS

PENDAMPINGAN PERANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK DAN STEAM DI PESANTREN AL-KAUTSAR AL-AKBAR MEDAN

Indra Hartoyo (Unknown)
Nora Ronita Dewi (Unknown)
Juli Rachmadani (Unknown)
Muhammad Eko Isdianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Abstrak Perangkat pembelajaran berbasis TPACK dan STEAM merupakan perangkat yang saat ini perlu dipersiapkan oleh guru terutama dalam kerangka Kurikulum 2013. Akan tetapi, masih banyak guru yang berlum terampil mengembangkan perangkat dengan mengintegrasikan TPACK dan STEAM dalam instrument pembelajaran dan pelaksanaannya. Program pendampingan ini dilakukan dalam sepuluh pertemuan dengan melibatkan guru-guru di Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Medan. Dua orang narasumber memandu Focus Group Discussion (FGD) terkait TPACK dan STEAM. Dalam tahap selanjutnya, guru-guru didampingi untuk merancang perangkat pembelajaran beserta pembuatan laman belajar sesuai bidang masing-masing. Pada tahap selanjutnya draft perangkat pembelajaran dan blog dipresentasikan untuk mendapatkan saran dan masukan. Setelah dilakukan revisi, kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi dan refleksi, Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa para peserta merasa sangat termotivasi, pengetahuan mereka tentang TPACK dan STEAM meningkat dan mendapatkan keterampilan penggunaan teknologi pembelajaran. Kata Kunci: Pendampingan, Perangkat Pembelajaran, TPACK, STEAM Abstract Teaching instruments which are based on TPACK and STEAM are highly required in the context of Curriculum 2013. However, many teachers have not yet been familiar with how to integrate them in the instruments and the implementation. This accompaniment program was designed to train and guide teachers at the Islamic Boarding Schoold of Al-Kautsar Al-Akbar Medan. Two speakers were invited to lead Focus Group Discussion concerning TPACK and STEAM. It was then continued with the accompaniment sessions to design teaching instuments and teaching blog. The drafts of the instruments and blog were presented to obtain suggestions for improvement. After the revision stage, evaluation and reflection were done. The results showed that the participants felt challenged and motivated. They also said their knowledge of TPACK and STEAM increased. What was more interesting was that they admiited to have gained skill in using technology for teaching.  Keywords: Accompaniment Program, TPACK, STEAM, Teaching Instrument 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bahas

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal BAHAS memuat kajian-kajian tentang bahasa, sastra, seni dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri ...