Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2023)

PENGARUH FASILTAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSN 2 BUTON SELATAN

Risnawati Risnawati (Universitas Halu Oleo)
La Ndia La Ndia (Universitas Halu Oleo)
La Ode Ahmad Jazuli (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Buton Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Buton Selatan. Teknik pengambilan sampel sama dengan populasi sebanyak  65 siswa yang terdiri dari tiga kelas yaitu VIIA, VIIB, dan VIIC. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian angket fasilitas belajar, motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) Fasilitasbelajar siswa termasuk dalam kategoti sedang dan motivasi belajar termasuk dalam  kategori sedang; (2) Hasilbelajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Buton Selatan termasuk dalam kategori baik; dan (3) Fasilitas belajar dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Buton Selatan dengan model persamaan regresi linear. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...