Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2023)

PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Wa Ode Musniati (Universitas Halu oOeo)
Jafar Jafar (Universitas Halu Oleo)
Fahinu Fahinu (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari, tahun ajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling.  penelitian ini meliputi kelas VIIIa, kelas VIIIb, kelas VIIIC, kelas VIIId, VIIIe, dan VIIIf, yang diambil secara acak dan jumlah sampel secara keseluruhan adalah sebanyak 48 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang berupa angket Self-Regulated Learning dan dokumen hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Regulated Learning siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari berada pada kategori sedang, hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari berada pada kategori sedang, dan terdapat pengaruh Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...