Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Berbasis Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini

Anik Lestariningrum (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Etty Andyastuti (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Nur Lailiyah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Intan Prastihastari Wijaya (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Yatmin Yatmin (Pendidikan Sejarah, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Dwi Yogi Karisma (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Pentingnya pembelajaran nilai Pancasila menjadi hal yang dibutuhkan saat ini, karena muncul permasalahan yang di hadapi  oleh satuan pendidikan jenjang Taman Kanak-kanak ketika harus mengimplementasikan aspek nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran masih kurang terutama ketersediaan buku panduan pembelajaran yang dimiliki guru secara praktis dapat membantu merancang stimulasi sesuai dengan capaian pembelajaran fase fondasi dalam kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan buku panduan pembelajaran berbasis nilai Pancasila untuk anak usia dini khususnya usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah desain pengembangan 4-D (Four D Models). Hasil penelitian yang dilakukan sampai tahap perancangan design yaitu rancangan buku panduan dalam pengkajian materi ahli agar nanti dalam uji coba dapat dilakukan dengan masukan dan hasil validasi materi yang tepat. Harapan penulis akan melanjutkan tahap uji coba selanjutnya untuk memperoleh hasil yang nantinya memiliki kebermaknaan mendalam dalam peningkatan kualitas pembelajaran anak usia dini berbasis nilai Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...