Al-Mau'izhoh : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 4, No 2 (2022): Edisi Desember

Problematika Pendidikan Akhlak Di Lingkungan Keluarga

Murharyana Murharyana (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Falah)
Ibnu Imam Al Ayyubi (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Falah)
Rifqi Rohmatulloh (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Falah)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

AbstrakPendidikan akhlak anak di lingkungan keluarga merupakan pengalaman pertama dan paling utama yang dialami anak sebagai keterpaduan dari bimbingan Pendidikan islam di sekolah. Berdasarkan teori-teori yang memvisualisasikan vitalnya Pendidikan agama dalam kehidupan manusia, maka selaku orang tua hendak memberikan Pendidikan sejak usia dini, supaya tidak mudah terintervensi akan adat kebiasaan yang dapat merusak keimanan. Pembinaan akhlak adalah usaha sadar berupa bimbingan yang diarahkan kepada pembentukan kepribadian dan sikap anak sesuai dengan ajaran islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan kajian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta teknik dokumentasi. Dalam pembahasan hasil penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif sebagai metode dalam memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis temukan terkait dengan problematika Pendidikan akhlak adalah keluarga merupakan peranan yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai agama pada anak. Untuk itu anak sebagai generasi penerus bangsa, hendaknya dipersiapkan baik fisik maupun mental spiritual, sehingga mereka benar-benar berkripadian sebagai seorang muslim yang baik.Kata kunci : Pendidikan Akhlak, Pendidikan Islam, KeluargaAbstractChildren's moral education in the family environment is the first and most important experience experienced by children as the integration of Islamic education guidance in schools. Based on theories that visualize the vitality of religious education in human life, parents want to provide education from an early age, so that they are not easily intervened by customs that can damage faith. Moral development is a conscious effort in the form of guidance directed at the formation of a child's personality and attitude by Islamic teachings. This research uses qualitative methods using case study studies. Collecting data in this study using observation techniques, in-depth interviews, and documentation techniques. In discussing the results of this study using descriptive data analysis as a method in obtaining conclusions. The results of the research that the authors found related to the problems of moral education are that the family plays a very important role in instilling religious values in children. For this reason, children as the next generation of the nation should be prepared both physically and mentally spiritually, so that they truly have good character as good Muslims. Keywords: Moral Education, Islamic Education, Family

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

am

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

jurnal ini mencakup berbagai kajian pendidikan Islam, dasar - dasar pendidikan Islam, metode pembelajaran Islam, ...