Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 3 No. 02 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Concept Sentence pada Siswa Kelas IV SD Negeri 224 Pallawa Kabupaten Soppeng

Sri Hermiati B (Universitas Megarezky)
Muhammad Khaedar (FKIP Universitas Megarezky)
Bellona Mardhatillah Sabillah (FKIP Universitas Megarezky)
Syamsul Alam (FKIP Universitas Megarezky)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 28 Desember 2020 yang telah penulis lakukan, maka perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran agar nilai siswa meningkat salah satu pemecahannya ialah dengan menggunakan model dalam pembelajaran yang mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang aktif dan menarik sehingga siswa dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan. Melalui Pembelajaran bahasa indonesia yang sesuai dengan materi yang diberikan pada saat pembelajaran berlangsung dan tidak hanya menggunakan model ceramah. saja, akan tetapi masih banyak yang digunakan salah satunya model pembelajaran Concept Sentence sehingga hasil belajar yang ingin tercapai dapat terlaksana dengan baik. Sehingga penulis berinisisatif untuk mengadakan suatu penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Concept Sentence pada Siswa Kelas IV SD Negeri 224 Pallawa Kabupaten Soppeng. Tujuan: Untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence di kelas IV SD Negeri 224 Pallawa Kabupaten Soppeng. Metode: penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dengan alur kegiatan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Tes, Dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 21 Orang siswa. Hasil: Siswa siklus I dan siklus II. Dari 21 jumlah siswa 12 siswa yang mencapai kategori tidak tuntas dengan persentase 57% siswa yang berada pada kategori tuntas 9 siswa dengan persentase 43%. Nilai rata-rata pada siklus I 63,33%. Pada siklus II terdapat 4 siswa yang mencapai kategori tidak tuntas  dengan persentase 19% sedangkan 17 siswa dengan persentase 81% yang berada pada kategori tuntas dan nilai rata-rata pada siklus II 81,42%.  Kesimpulan: belajar siswa pada siklus I dan hasil belajar pada siklus II yang mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa  pada kelas IV SD Negeri 224 Pallawa Kabupaten Soppeng.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...