Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 3 No. 02 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengembangan Alat Praktikum Berbasis Arduino Uno Materi Kesetimbangan Benda Tegar (Momen Inersia dan Momentum Sudut)

Dian Purnama (Universitas Pendidikan Indonesia)
Harpian Harpian (Universitas Pendidikan Indonesia)
Vitoria Venisia Pereira (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadi Rusdiana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Irma Rahma Suwarma (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Latar Belakang: Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah bidang studi yang terdiri dari fisika, biologi, dan kimia. Fisika merupakan salah satu mata kuliah wajib di sekolah menengah atas jurusan IPA. Karakteristik kelas IPA berbeda dengan mata pelajaran lainnya. Sains secara inheren didasarkan pada produk, proses, dan sikap. Sebagai suatu proses, sains didefinisikan sebagai penggunaan metode ilmiah untuk memahami aktivitas alam semesta dengan menerapkan berbagai keterampilan proses ilmiah. Keterampilan proses sains sangat penting dalam mempelajari sains, khususnya dalam mempelajari fisika. Tujuan: Menganalisis pengaruh massa dan jarak massa dari pusat rotasi terhadap besar momen inersia melalui data percobaan dan mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan alat praktikum keseimbangan benda tegar berbasis Arduino Uno. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development atau penelitian pengembangan, dimana alat praktikum yang telah dirancang tersebut diimplementasikan/ diuji cobakan kepada para siswa SMA kelas XII di Kabupaten Bandung (Banjaran). Hasil: Berdasarkan hasil pretest dan posttest peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kesimpulan: Hasil uji coba pretest diperoleh 30,19%, dan hasil uji coba posttest diperoleh 69,81%. Berdasarkan hasil angket menunjukkan respon peserta didik sangat baik (62) tertarik belajar fisika dengan menggunakan alat praktikum berbasis Arduino karena desain alatnya dan peserta didik (54%) antusias dan aktif dalam pembelajaran karena pengoperasian alat praktikum yang cukup mudah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...