Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 3 No. 03 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan Metode Blended Learning’s Station Rotation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis

Sisda Ferlianti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mohammad Syamsul Mu’iz (SMA Telkom Bandung, Indonesia)
Didi Teguh Chandra (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2022

Abstract

Penelitian dilakukan di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa kelas XI sebanyak 20 siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Blended Learning ’ s station rotation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tekanan hidrostatis. Metode penelitian ini menggunakan Pre-testing adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabilitas terhadap variabel lain tanpa adanya variabel kontrol. Nilai N-gain menunjukan peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah penerapan metode Blended Learning ’s station rotation pada materi tekanan hidrostatis. Hanya unit eksperimen tanpa unit kawalan digunakan dalam kajian ini. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan alat pre-post, menghasilkan N-Gain sebesar 0,54, kelas menengah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...