Cipta
Vol 1, No 2 (2022): Cipta

Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Identitas Visual UMKM Bandeng Presto Kresya

Nunu Nugraha (Universitas Indraprasta PGRI)
Muhammad Iqbal Qeis (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta)
Wirawan Sukarwo (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Bandeng presto merupakan makanan yang dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Bandeng presto merupakan pengembangan proses pengolahan yang berasal dari pemindangan. Salah satu usaha yang menjual bandeng presto ini adalah UMKM Kresya yang terletak di Tangerang Selatan. Bandeng Presto Kresya ini memiliki keunggulan dari kualitas makanan yang tinggi dan rasa khas yang merupakan poin utama dari fokus penjualan di UMKM ini. Namun, UMKM bandeng presto ini mempunyai kekurangan dari segi visual di sisi logo dan kemasan. Kemasan produk hanya terbuat dari pembungkus biasa dan kertas HVS yang diberi label berupa nama produk dan gambar ikan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual UMKM bandeng presto Kresya di Tangerang Selatan melalui proses branding yang terkonsep. Hasil yang dicapai adalah logo UMKM bandeng presto serta penerapan logo tersebut dalam kemasan dan media lainnya sebagai bagian dari identitas visual khas UMKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cipta

Publisher

Subject

Arts

Description

CIPTA adalah jurnal ilmiah yang secara khusus membahas tentang proses penciptaan sebuah karya, baik itu karya seni, desain, film, fotografi dan berbagai jenis bidang lain yang melalui proses kreatif dalam penciptaannya. Ruang lingkup jurnal ini meliputi: Tipografi, Branding, Design Thinking, Budaya ...