cover
Contact Name
Febrianto Saptodewo
Contact Email
febrianto.saptodewo@gmail.com
Phone
+62217818718
Journal Mail Official
jurnal.cipta@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2. Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Cipta
ISSN : 29627397     EISSN : 29627117     DOI : https://doi.org/10.30998/cpt.v1i1
Core Subject : Art,
CIPTA adalah jurnal ilmiah yang secara khusus membahas tentang proses penciptaan sebuah karya, baik itu karya seni, desain, film, fotografi dan berbagai jenis bidang lain yang melalui proses kreatif dalam penciptaannya. Ruang lingkup jurnal ini meliputi: Tipografi, Branding, Design Thinking, Budaya Visual, Fotografi, Periklanan, Film, Animasi, Videografi, Ilustrasi, Nirmana, Lukisan, Kriya, Arsitektur, Interiror, dll
Articles 43 Documents
Perancangan Buku Informasi Ragam Hidangan Mie di Benua Asia Ismaya Miftahul Janah; Santi Sidhartani; Febrianto Saptodewo
Cipta Vol 1, No 2 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.653 KB) | DOI: 10.30998/cipta.v1i2.1652

Abstract

Tujuan penelitian untuk memberikan informasi penyebaran mie dan juga memperkenalkan hidangan-hidangan yang berbahan dasar mie di benua Asia. Buku informasi ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana untuk menambah ilmu dan juga sebagai referensi bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang mie beserta hidangannya. Metode Penelitian yang akan di gunakan pada perancangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menggunakan metode wawancara dan meengumpulkan studi literatur serta turun kelapangan untuk melakukan observasi. Dalam metode ini, menggunakan teknik analisis yang didapat dari hasil wawancara dengan narasumber untuk mengetahui dan memahami hal-hal terkait tentang asal-usul dari mie dan juga penyebarannya.Dalam data yang diteliti, terdapat permasalahan utama yaitu terdapat banyak sekali perdebatan dalam asal-usul mie dan juga bagaimana penyebaran mie di Benua Asia. Peneliti memiliki maksud untuk melakukan sebuah rancangan yang berupa buku informasi yang mudah dipahami dan juga tidak membosankan untuk mempelajari sejarah mie beserta hidangannya. Dalam buku informasi ini, terdapat berbagai macam informasi mengenai mie yang akan dijelaskan secara terperinci mulai dari sejarah, penyebaran hingga jenis-jenisnya. Hasil rancangan berupa buku informasi ini memiliki konsep warna cerah sehingga buku ini nyaman untuk dibaca dan juga visualisasi yang akan digunakan ialah menggunakan ilustrasi dengan gaya visual realism.
Perancangan Meja dan Kursi Ruang Tamu dengan Memanfaatkan Suku Cadang Bekas Sepeda Motor Ismail Bambang Subianto
Cipta Vol 1, No 1 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1300.991 KB) | DOI: 10.30998/cpt.v1i1.1166

Abstract

Penggunaan sepeda motor yang masif, memicu beberapa problematika seperti pencemaran udara akibat gas buang kendaraan, pencemaran lingkungan (air) akibat cairan pelumas serta timbunan sampah/ limbah yang berasal dari suku cadang bekas sepeda motor. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya cara pemanfaatan suku cadang bekas sepeda motor guna mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, yakni dengan melakukan perancangan meja dan kursi ruang tamu (prototipe) dengan memanfaatkan suku cadang bekas sepeda motor. Metode penelitian dan Perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen diantaranya penguasaan bahan, penguasaan teknik, serta penguasaan konsep penyusunan. Hasil dari penelitian ini ialah perancangan produk berupa prototipe meja dan kursi ruang tamu  berbahan suku cadang bekas sepeda motor. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa produk yang dirancang harus mengikuti bentuk fungsional, konsep sifatnya tidak mutlak, serta terciptanya ide gagasan pembuatan ornamen motif batik Kawung berbahan suku cadang bekas sepeda motor (sebagai temuan) yang diaplikasikan pada salah satu bagian prototipe yang dirancang.
Perancangan Buku Ilustrasi Puisi Nyanyi Sunyi Karya Penyair Amir Hamzah Vanie Puspita Apriyani; Santi Sidhartani; Muhammad Iqbal Qeis
Cipta Vol 1, No 1 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.43 KB) | DOI: 10.30998/cpt.v1i1.1157

Abstract

Kumpulan sajak, terutama yang menyampaikan pesan tentang kehidupan, sangat menarik untuk dimaknai terkait pesan yang terkandung di dalamnya. Salah satu kumpulan sajak yang berisi puisi tentang kehidupan adalah kumpulan puisi dalam buku Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah. Kumpulan sajak Nyanyi Sunyi menceritakan apa yang dirasakan Amir Hamzah kala itu sebagai jerit kata hatinya yang penuh dengan kekecewaan terhadap jalan hidupnya saat itu yang harus meninggalkan kekasihnya karena ia harus menikah dengan orang pilihan pamannya. Artikel ini bertujuan untuk membahas perancangan media baru bagi Puisi Nyanyi Sunyi untuk menarik minat pembaca yang tengah mengalami quarter life crisis dan memberikan apresiasi terhadap karya Amir Hamzah sehingga masyarakat umum mengetahui karyanya di bidang sastra. Hasil yang dicapai adalah perancangan media berupa buku ilustrasi yang memiliki gambaran visualisasi puisi melalui gaya visual line art dan pewarnaan sepia untuk menekankan permasalahan usia dewasa awal yang tengah mengalami masa quarter life crisis.
Perancangan Buku Informasi Karakter Pandawa Dalam Pengiriman Pos Hikmatullah Andami; Dhika Quarta Rosita; Dina Martin
Cipta Vol 1, No 2 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1245.87 KB) | DOI: 10.30998/cipta.v1i2.1453

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang buku informasi Prangko Wayang “Karakter Pandawa Dalam Pengiriman Pos”. Metode Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan observasi ke Museum Prangko yang bertempat di Taman Mini Indonesia Indah dan Kantor Filateli Jakarta di Pasar Baru Jakarta Pusat, serta melakukan wawancara dengan narasumber yang berhubungan dengan objek Prangko Wayang. Berdasarkan hasil wawancara serta observasi yang dilakukan oleh penulis, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai jenis-jenis prangko dan ilustrasi pada prangko khususnya prangko dengan edisi Wayang. Hasil perancangan yang dibuat berupa buku informasi Prangko Wayang yang terdapat 80 halaman buku, yang menjelaskan tentang sejarah prangko di dunia serta di Indonesia, perkembangan prangko, jenis-jenis prangko, serta edisi-edisi prangko yang menyertakan karakter Wayang sebagai ilustrasinya. Buku informasi ini dibuat dengan menggunakan gaya desain flat design. Buku informasi ini diharapkan akan membantu masyarakat dalam memahami secara lebih mendetail tentang prangko khususnya prangko Wayang yang beredar di Indonesia.
Perancangan Film Animasi Berjudul Sistem Pertahanan Hidup pada Hewan Ade Reza Agustian; Iis Purnengsih; Martha Tisna Ginanjar Putri
Cipta Vol 1, No 1 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (954.232 KB) | DOI: 10.30998/cpt.v1i1.1162

Abstract

Di era teknologi, pengetahuan tentang pola-pola perilaku hewan masih banyak dipelajari dalam bentuk buku-buku pelajaran sekolah. Namun masih sedikit media yang menampilkan pengetahuan tentang sistem pertahanan hewan dalam media berbasis audio visual. Saat ini audio visual memiliki peranan yang lebih luas dalam bermain tampilan visual yang dinamis dibandingkan media cetak yang statis dan sangat dekat dengan sentuhan seni. Tujuan penelitian untuk merancang film animasi berjudul “sistem pertahanan hidup pada hewan”. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi yaitu pengumpulan data literatur berupa buku-buku, jurnal dan dokumen lainnya. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini sebuah perancangan film animasi 1280 X 720 dpi yang berdurasi 6 menit. Dengan adanya animasi tiga dimensi ini diharapkan dapat menarik perhatian pembacanya terutama bagi mereka yang mencari informasi tentang pola sistem pertahanan hidup pada hewan.
Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Identitas Visual UMKM Bandeng Presto Kresya Nunu Nugraha; Muhammad Iqbal Qeis; Wirawan Sukarwo
Cipta Vol 1, No 2 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.766 KB) | DOI: 10.30998/cipta.v1i2.1657

Abstract

Bandeng presto merupakan makanan yang dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Bandeng presto merupakan pengembangan proses pengolahan yang berasal dari pemindangan. Salah satu usaha yang menjual bandeng presto ini adalah UMKM Kresya yang terletak di Tangerang Selatan. Bandeng Presto Kresya ini memiliki keunggulan dari kualitas makanan yang tinggi dan rasa khas yang merupakan poin utama dari fokus penjualan di UMKM ini. Namun, UMKM bandeng presto ini mempunyai kekurangan dari segi visual di sisi logo dan kemasan. Kemasan produk hanya terbuat dari pembungkus biasa dan kertas HVS yang diberi label berupa nama produk dan gambar ikan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual UMKM bandeng presto Kresya di Tangerang Selatan melalui proses branding yang terkonsep. Hasil yang dicapai adalah logo UMKM bandeng presto serta penerapan logo tersebut dalam kemasan dan media lainnya sebagai bagian dari identitas visual khas UMKM.
Perancangan Purwarupa Mobile Apps Untuk Menyampaikan Pesan Self-Love Santi Asia Wijayanto; Dicky Hidayat
Cipta Vol 1, No 1 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1138.709 KB) | DOI: 10.30998/cpt.v1i1.1239

Abstract

Kesehatan mental menjadi masalah yang dihadapi oleh banyak orang selama masa pandemi Covid-19 ini. Di Indonesia saat ini, kasus depresi atau kecemasan berlebihan meningkat sejak masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, self-love dapat menjadi faktor penting sebagai langkah dasar menjaga kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan purwarupa mobile apps yang dapat menyampaikan pesan mengenai self love secara efektif dan menarik perhatian target audiens. Penelitian diawali dengan penelitian kualitatif deskriptif sebagai dasar dari proses perancangan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan design thinking. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka, dan wawancara dengan pihak perusahaan serta praktisi User Interface dan User Experience. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga muncul beberapa pokok bahasan pada penelitian ini, yaitu Multimedia, Mobile Apps, Gamificaton, User Experience, User Interface,  Desain Komunikasi Visual, dan Business Model Canvas. Pokok-pokok bahasan tersebut sangat penting dan berguna untuk merancang purwarupa mobile apps yang sesuai dengan tujuan yang ditentukan dan dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang dihadapi.
Perancangan Buku Ilustrasi Lirik Lagu Berjudul Nostalgia, Cinta dan Chrisye Ade Ajeng Puspaningrum; Santi Sidhartani; Febrianto Saptodewo
Cipta Vol 1, No 1 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.514 KB) | DOI: 10.30998/cpt.v1i1.1158

Abstract

Kumpulan lagu dalam lirik di dalam Lagu-lagu Chrisye memiliki narasi tentang kehidupan yang dapat memberikan sebuah pembelajaran bagi seseorang agar mampu bertahan dalam menjalani hidupnya. Memberikan dukungan atau motivasi, pesan moral, serta pembelajaran yang ingin disampaikan dari lirik-lirik yang ada di dalam lagu Chrisye sebagai tujuan perancangan buku ilustrasi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini yaitu dengan dibuatnya buku ilustrasi lirik lagu berjudul Nostalgia, Cinta, dan Chrisye. Buku ini dibuat dengan konsep perancangan yang memiliki gaya ilustrasi bersifat semi realis, kemudian dikombinasi dengan warna-warna vintage dan juga beberapa teks yang memberikan kesan nostalgia. Dari hasil perancangan buku ilustrasi lirik lagu ini diharapkan masyarakat dapat memahami informasi mengenai makna dan pesan yang ingin disampaikan dari lagu-lagu milik Chrisye, sehingga dapat termotivasi dan belajar darinya.
Perancangan Iklan Flife melalui Penerapan Tone Warm untuk Merealisasikan Konsep Vitalitas Calvin Valentinus Kusdinata; Rista Ihwanny
Cipta Vol 1, No 2 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.906 KB) | DOI: 10.30998/cipta.v1i2.1610

Abstract

Terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan sebuah produk. Salah satunya adalah dengan membuat video iklan sebagai media promosi untuk memperkenalkan produk yang ingin dijual. Proses pembuatan iklan dalam bentuk video memiliki beberapa tahapan yang perlu dilalui, seperti praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Selain cerita atau alur yang menarik, terdapat variabel lain yang tak kalah penting dalam sebuah video iklan, yaitu editing. Editing dapat mendukung jalannya cerita serta memperkuat pesan yang ingin disampaikan dalam iklan. Dalam proses editing terdapat tahapan yang disebut color grading, yang merupakan proses pewarnaan dari suatu karya video. Pemilihan warna ini cukup krusial karena menurut teori psikologi warna, suatu warna dapat memengaruhi emosi atau perasaan manusia. Dalam penelitian ini, tone warm diterapkan melalui pemilihan warna oranye dalam proses color grading, sehingga dapat menghadirkan aspek vitalitas, yang menjadi konsep penting dalam video iklan FLIFE.
Perancangan Film Animasi Wayang Komik Motion Berjudul Perang Baratayudha Hari ke-12 Muhamad Ilham; Iis Purnengsih; Herliyana Rosalinda
Cipta Vol 1, No 1 (2022): Cipta
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1239.753 KB) | DOI: 10.30998/cpt.v1i1.1163

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang film animasi wayang komik motion berjudul “Perang Baratayudha Hari Ke-12”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi yaitu pengumpulan data literatur berupa buku-buku, jurnal dan dokumen lainnya. Kemudian melakukan wawancara dengan narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu praktisi wayang bapak RM Donny Surya Megananda pada tanggal 26 Desember 2021. Beliau menjelaskan bahwa Wayang Mahabharata bukan hanya menceritakan tentang peperangan, tapi menceritakan kisah hidup perjalanan manusia, sifat manusia, serta karma yang akan diterima dan cerita wayang Mahabharata bersifat kekal serta sangat dekat dengan kehidupan yang kita alami sekarang.. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini sebuah perancangan film animasi yang menceritakan kisah perang Baratayudha pada hari ke 12.