Cipta
Vol 1, No 1 (2022): Cipta

Perancangan Desain Kemasan pada UMKM Qyu Sweet and Savoury

Angga Kusuma Dawami (1 Mahasiswa Doktoral Pascasarjana Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Indonesia 2 Pengajar Desain Komunikasi Visual, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Laurent Zahra Assyafir (Universitas Indraprasta PGRI)
Zahra Nisa Auliadst (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Snack menjadi kudapan yang tidak terpisahkan dalam pelbagai acara formal maupun infromal di Indonesia. Kemasan snack yang kemudian disebut sebagai snackbox, memiliki ciri khas sesuai identitas penyedia snack. Snackbox menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat urban. Salah satu UMKM penyedia snack dan catering yang berkembang saat ini adalah Qyu Sweet and Savoury. Produk-produk Qyu Sweet and Savoury memiliki produk andalan yang sudah teruji rasa dan ciri khasnya, yaitu Cheese & Chicken Risoles. Dua produk ini menjadi Unique Selling Position dalam brand Qyu Sweet and Savoury. Tulisan ini mendiskripsikan proses perancangan kemasan dengan menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan visual branding dari wilayah kemasan. Metode yang digunakan adalah metode penciptaan karya desain kemasan. Teknik pengumpulan data dalam perancangan ini melalui wawancara mendalam, studi komparasi produk, brainstroming, dan diakhiri tawaran perancangan kemasan. Hasil yang didapatkan adalah (1) key concept Qyu, yakni bersahabat dan praktis, maka desain untuk packaging dibuat sepraktis mungkin masih memberi kesan bersahabat; (2) warna yang digunakan mendekati warna-warna pastel yang sesuai dengan target marketnya; (3) pengembangan kemasan primer dan sekunder disesuaikan dengan target market yang telah dibidik oleh Qyu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cipta

Publisher

Subject

Arts

Description

CIPTA adalah jurnal ilmiah yang secara khusus membahas tentang proses penciptaan sebuah karya, baik itu karya seni, desain, film, fotografi dan berbagai jenis bidang lain yang melalui proses kreatif dalam penciptaannya. Ruang lingkup jurnal ini meliputi: Tipografi, Branding, Design Thinking, Budaya ...