Jurnal Family Education
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Family Education

Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Perpustakaan Di SMA Negeri 8 Padang

Dilla Okta Erza (Universitas Negeri Padang)
Eldarni Eldarni (Universitas Negeri Padang)
Zuliarni Zuliarni (Universitas Negeri Padang)
Septriyan Anugrah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis pada Perpustakaan SMA Negeri 8 Padang yang menunjukkan kurang terlaksananya pengelolaan yang dilakukan oleh petugas perpustakaan terhadap pengelolaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang, yaitu ditinjau dari aspek sarana dan prasarana perpustakaan, pengaturan dan pemeliharaan koleksi perpustakaan, dan layanan perpustakaan. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang dalam hal 1) Sarana dan Prasarana Perpustakaan? 2) Pengaturan dan pemeliharaan koleksi Perpustakaan? 3) Layanan Perpustakaan?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 8 Padang. Sebanyak 148 siswa dijadikan sampel dari jumlah siswa 985 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket berjumlah 30 butir angket. Data penelitian ini adalah data primer dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan persentase. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang dapat dikatakan cukup baik dengan persentase 60,94%. Persepsi siswa terhadap aspek sarana dan prasarana pepustakaan berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 59,77%. Persepsi siswa terhadap aspek koleksi perpustakaan berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 58,46%. Persepsi siswa terhadap aspek layanan perpustakaan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 64,59%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jfe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Family Education is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Negeri Padang . ISSN: 2808-9669 (Electronic)This journal publish (February, May, Agust, November). The main focuses of this journal are the Administration of Education, Guidance and Counseling, ...