Jurnal Family Education
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Family Education

Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Di SMAN 1 Lubuk Basung

Susantri Opraini (Universitas Negeri Padang)
Nofri Hendri (Universitas Negeri Padang)
Syafril Syafril (Universitas Negeri Padang)
Winanda Amilia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2023

Abstract

Penelitian Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Digital selaku Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Lubuk Basung dilatar belakangi efektifnya pemanfaatan perpustakaan digital di SMAN 1 Lubuk Basung terbukti dengan banyaknya siswa yang mengakses dan meminjam buku di perpustakaan digital. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan gambaran pemanfaatan perpustakaan digital selaku sumber belajar siswa di SMAN 1 Lubuk Basung, 2) mendeskripsikan gambaran hasil belajar pada siswa di SMAN 1 Lubuk Basung, dan 3) melihat efektivitas pemanfaatan perpustakaan digital sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar SMA Negeri 1 Lubuk Basung.Jenis penelitian yatu penelitian korelasional. Populasi penelitian ini yaitu SMAN 1 Lubuk Basung XI. kelas, total 77 sampel. Teknik pengambilan sampel memakai stratified proportional random sampling. Instrumen yang dipakai terhadap penelitian yaitu menggunakan angket tertutup dengan uji korelasi Pearson dengan rumus product-moment. Hasil penelitian memperlihatkan yaitu (1) Penggunaan perpustakaan digital berada pada kategori “baik” sebesar 68,83 persen, (2) hasil belajar “tinggi” sebesar 66,23 persen, dan (3) Terdapat hubungan positif antara kedua variabel dan signifikan pada pemanfaatan perpustakaan digital (X) dan hasil belajar (Y) di siswa dengan rhitung = 0,933 dan nilai rtabel dengar n = 77 pada taraf kepercayaan 5% yaitu (0,227) atau taraf kepercayaan 1% yaitu (0,296 )

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jfe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Family Education is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Negeri Padang . ISSN: 2808-9669 (Electronic)This journal publish (February, May, Agust, November). The main focuses of this journal are the Administration of Education, Guidance and Counseling, ...