JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan

Esriani Purba (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia)
Yage Munthe (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia)
Agnes Hutasoit (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia)
Ester Hutabarat (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia)
Septika Purba (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia)
Herman Herman (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia)
Yanti Kristina Sinaga (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2023

Abstract

Pendidikan di Indonesia diselenggarakan dengan pengembangan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi seluruh masyarakat, hal itu tertuang dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 5. Namun dalam artikel ini penulis hanya memfokuskan pada kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu, pemanfaatan sudut baca atau reading corner diselenggarakan di setiap kelas dan sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Langkah pengumpulan dan pencarian data adalah survei langsung di SD Negeri 034798 Pangguruan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendalami bagaimana pemanfaatan sudut baca di dalam kelas dan bagaimana resonansi atau minat baca siswa dilakukan di SD Negeri 034798 Pangguruan. Pojok baca ini diselenggaraan Pemerintah dengan membiasakan membaca 15 menit sebelum belajar dimulai. Menambah pengetahuan tentang pengaruh penggunaan sudut baca dan faktor-faktor yang menghambat penggunaan sudut baca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...