JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Konsep Dasar Perilaku Organisasi: Pengertian, Sejarah dan Kontribusi Disiplin Ilmu pada Organisasi

Al Muhtarom (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)
Safroji Safroji (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)
A. Rahman (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)
Tengku Sayid Basirun (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)
Musli Musli (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)
Jamrizal Jamrizal (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji organisasi dari aspek perilaku yang biasa disebut sebagai perilaku organisasi. Seperti halnya disiplin lain yang memberi perhatian terhadap dinamika organisasi, objek kajian perilaku organisasi pada dasarnya juga tidak berbeda jauh, yaitu organisasi. Meski demikian studi perilaku organisasi sedikit berbeda dengan bidang studi lain karena fokus perhatiannya adalah perilaku manusia di dalam organisasi maupun perilaku organisasi secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa studi perilaku organisasi lebih mencermati interaksi antarmanusia di dalam organisasi baik dalam hal kedudukan manusia sebagai individu maupun manusia sebagai kelompok, interaksi, dan saling pengaruh antara manusia dengan organisasi, serta interaksi antara organisasi dengan lingkungannya. Semua kajian ini tujuan akhirnya satu yaitu agar organisasi, sebagai alat bantu, bisa secara efisien dan efektif membantu manusia mencapai tujuan-tujuannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...