Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 13 No 2 (2022): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MURID PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Tabrani (Unknown)
Idawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhammad Basri (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kritis murid muatan pelajaran IPS kelas V. Jenis penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN 1 Padduppa pada kelas control dan SDN 260 Lapongkado pada kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan berfikir kritis murid dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian Dari nilai ttabel ini dapat dituliskan sebagai berikut: ttabel dengan taraf signifikansi 5% = 2,0129 > thitung sebesar = 1,379. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri dengan model problem based learning (PBL) berbantukan media audio visual terhadap kemampuan berfikir kritis murid pada muatan pembelajaran IPS kelas V

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...