JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 16, No 1 (2023): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 16 Nomor 1 Februari

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN BANTUAN E-LKS BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING

Egha Alifa Putra (Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Pendidikan Indonesia)
Elah Nurlaelah (Unknown)
Aan Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2023

Abstract

Pemahaman matematis sangatlah dibutuhkan dan wajib dimiliki oleh semua orang, karena pemahaman matematis merupakan kemampuan yang menjadi suatu landasan untuk berfikir. Pada penelitian ini peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan bantuan e-lks berbasis penemuan terbimbing. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan bentuk pre-experimental dengan model one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes berupa soal pemahaman matematis dan non-tes seperti angket. Penerapan perlakuan yang dilakukan di lapangan mendapatkan hasil dengan nilai gain 0,42 yang termasuk dalam peningkatan sedang. Berdasarkan hasil analisis temuan dan pembahasan pada penelitian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar dengan bantuan e-lks berbasis penemuan terbimbing maka doperoleh kesimpulan bahwa Terdapat peningkatan signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan bantuan e-lks berbasis penemuan terbimbing

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...