JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 16, No 1 (2023): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 16 Nomor 1 Februari

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Denih Handayani (Universitas Siliwangi)
Nani Ratnaningsih (Universitas Siliwangi)
Sri Tirto Madawistama (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2023

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi berdampak di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Guru dituntut untuk mampu menggunakan teknologi sebagai pendukung tercapainya tujuan pendidikan. Artikel ini merupakan hasil dari sebuah penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan Lectora Inspire pada materi turunan fungsi aljabar matematika kelas XI. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengambangan Metode Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang terdiri atas 6 tahapan, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket respon berbentuk skala likert. Dari hasil penelitian ini, peneliti telah berhasil mengembangkan media pembelajaran berbasiss android menggunakan Lectora Inspire pada materi turunan fungsi aljabar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menurut: 1) ahli media mencapai 91,1% (sanagat layak), 2) ahli materi mencapai 94% (sangat layak) dan 3) peserta didik sebagai pengguna mencapai 94,3% (sangat layak). Jadi dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Android menggunakan Lectora Inpire pada materi turunan fungsi aljabar sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...