Jurnal Citra Pendidikan
Vol 3 No 1 (2023)

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE BERVARIASI PADA KELAS 1 MI AL-JIHAD ASTANA

Minahul Mubin (Universitas Islam Lamongan)
Firda Aulia Rahma (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2023

Abstract

Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat reseptif. Karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, memperoleh ilmu dan pengetahuan serta pengalaman-pengalaman baru. Keberhasilan belajar dalam proses pembelajran di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca tahap permulaan. Membaca permulaan yang dilaksanakan pada kelas 1 MI adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Untuk itu guru perlu menerapkan beberapa strategi pembelajaran yang dapat menimbulkan daya tarik bagi siswa agar aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar khususnya dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas satu dasar, menjelaskan proses pelaksanaan strategi membaca pada kelas 1 di MI AL-JIHAD ASTANA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa deskriptif. Objek yang diteliti adalah guru kelas dan siswa kelas 1 MI AL-JIHAD ASTANA. Agar memperoleh gambaran realitas sesuai fenomena yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrument. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas satu masih rendah dan terdapat beberapa siswa yang masih membutuhkan bantuan dan bimbingan dari guru dalam membaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu ...