DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 1 (2023): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multiliterasi Untuk Melatih Keterampilan Membaca Pemahaman di SD

Siti Multifah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rina Yuliana (Unknown)
Encep Andriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis multiliterasi untuk melatih keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas IV SDN Banjar Agung 1. Pengambilan data di peroleh dengan wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Bahan ajar digital berbasis multiliterasi merupakan bahan ajar yang didesain untuk melatih keterampilan membaca pemahaman. Bahan ajar ini memuat bahan bacaan, materi, dan latihan soal yang dikemas dalam bentuk digital dan tampilan menarik sesuai perkembangan karakteristik peserta didik kelas IV SD. Hasil penelitian adalah (1) didapatkan nilai rata-rata validasi tim ahli sebesar 89,185% dengan kategori “sangat layak” (2) nilai rata-rata respons peserta didik sebesar 93,20% yang termasuk pada kategori “sangat baik” (3) nilai rata-rata tes pemahaman sebesar 85,56 dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital berbasis multiliterasi berbasis multiliterasi layak digunakan dan dapat dijadikan bahan ajar untuk melatih keterampilan membaca pemahaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...