Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2022)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 88 KENDARI

Fefti Fauziah (Universitas Halu Oleo)
Mansyur M (Universitas Halu Oleo)
La Rabani (Universitas Halu Oleo)
Sakka Hasan (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dengan penggunaan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 88 Kendari. Data penelitian ini diperoleh dari tes, observasi guru, observasi siswa dan dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas IVa SD Negeri 88 Kendari yang berjumlah 32 orang yaitu 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, dan (5) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I pertemuan pertama sebesar 84,21% dan pertemuan kedua sebesar 89,74% sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 94,73% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Pada aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 77,77% dan pertemuan kedua sebesar 83,33% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 88,88 dan pertemuan kedua sebesar 94,44%. Kemudian ketuntasan klasikal siswa dalam keterampilan menulis karangan narasi  pada siklus I dari 32 siswa terdapat 15 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 46,87% dengan nilai rata-rata 66,71. Sedangkan siklus II, terjadi  peningkatan dari jumlah siswa 32 terdapat 27 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 84,37% dengan nilai rata-rata 75,93. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 88 Kendari.Kata Kunci: Gambar seri;  Keterampilan Menulis;  Narasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...