Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Resiliensi Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Di SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru

Ridho Oktafryadi (Universitas Riau)
Raja Arlizon (Universitas Riau)
Donal Donal (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Resiliensi merupakan kualitas pribadi yang memungkinkan individu untuk bangkit ketika menghadapi kesulitan. Salah satu hambatan yang terjadi pada siswa adalah pembelajaran tatap muka (PTM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM). Jenis Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan mentode survey. Sampel penelitian berjumlah 106 ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert .Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa resiliensi siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM) berada di kategori tinggi. Dari ke-lima aspek resiliensi aspek yang memiliki persentase tinggi adalah aspek kepercayaan diri, penerimaan positif, kontrol diri, spritual, dan kompetensi pribadi yang berada pada kategori sedang. Hasil penelitian yang telah dilakukan dilihat dari jenis kelamin siswa laki-laki memiliki nilai rendah dibandingkan siswa perempuan dalam aspek kompetensi pribadi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...