Teknologi memberi dampak yang luas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk perubahan besar dalam penyelenggaraan pendidikan tuntutnny adalah pendidikan mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi yang tinggi, pada abad ke 21 peserta didik dituntut agar mampu belajar melalui teknologi yang semakin maju dan tanpa batas. Di Abad-21 terdapat proses serap informasi yang sangat berbeda, yang mana pada era sebelumnya, ilmu pengetahuan menghasilkan teknologicanggih seperti saat ini, tantangan pedagogi saat ini bagaimana teknologi dapat mengtranfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Dunia pendidikan dituntut untuk mampu menciptakan pendidikan yang menghasilkan sumber daya manusia indonesia yang seutuhnya yang memberikan kontribusi besar dalam membangun tatanan sosial dan ekonomi pada Abad-21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknologi informasi abad-21 yang terus dikembangkan pada dunia pendidikan menjadikan sebuah revolusi pendidikan yang menjadikan teknologi sebagai sumber informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah warga belajar pada PKBM Ibun yang berada di kabupaten Bandung majalaya dengan responden 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi abad ke-21 dapat mengtranfer informasi yang bermanfaat dan banyak memberikan ilmu baru termasuk ke keterampilan dan belajar berinovasi; (2) kehidupan dan karir; dan (3) keterampilan teknologi dan media informasi. Kata Kunci: Kemajuan Teknologi, Revolusi, Pendidikan,
Copyrights © 2023