Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dengan gaya belajar visual saat menyelesaikan masalah ditinjau dari perbedaan gender. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Gresik kelas VIII-C yang berjumlah 31 siswa. Selanjutnya dipilih 2 siswa dengan gaya belajar visual, 1 laki-laki dan 1 perempuan. Instrumen pada penelitian ini yaitu angket gaya belajar siswa, soal tes tulis, dan pedoman wawancara. Indikator komunikasi matematis yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari indikator NCTM kemudian digabungkan dengan langkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis tulis siswa visual dalam menyelesaikan masalah siswa perempuan cenderung lebih sistematis dan rinci ketika melakukan perhitungan. Siswa perempuan mampu menggunakan bahasa matematis dan mengomunikasikan pemikiran matematisnya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Sedangkan siswa laki-laki dalam mengomunikasikan pemikiran matematisnya cenderung lebih singkat dan melakukan kesalahan perhitungan ketika menyelesaikan masalah.
Copyrights © 2022