Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 2 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Key Drivers Kepuasan Penumpang Masa Pandemi COVID-19 di Bandara Adi Soemarmo

Astri Desiana (Bina Nusa University, Jakarta)
Ardhianiswari Diah Ekawati (Bina Nusa University, Jakarta)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Sejak ditetapkannya COVID-19 sebagai pandemi, terdapat berbagai perubahan yang harus dirasakan oleh pengguna jasa bandara terkait dengan implementasi protokol kesehatan dan adapatasi kebiasaan baru. Hal tersebut menyebabkan perubahan yang harus dirasakan oleh pengguna jasa bandara terutama penumpang terkait dengan pengalamannya selama berada di bandar udara yang dapat mempengaruhi kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh bandar udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui key drivers kepuasan penumpang selama pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan kepada penumpang yang melakukan keberangakatan domestik melalui Bandara Adi Soemarmo selama periode Maret 2020 – Desember 2021 dengan menggunakan kuesioner Airport Service Quality (ASQ) berdasarkan framework Airport Council International (ACI). Data kemudian dianalisa menggunakan metode PLS-SEM. Variabel lingkungan, fasilitas bandara, dan keamanan merupakan variable yang menjadi key drivers kepuasan penumpang selama masa pandemic COVID-19 di Bandara Adi Soemarmo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...