Sejak ditetapkannya COVID-19 sebagai pandemi, terdapat berbagai perubahan yang harus dirasakan oleh pengguna jasa bandara terkait dengan implementasi protokol kesehatan dan adapatasi kebiasaan baru. Hal tersebut menyebabkan perubahan yang harus dirasakan oleh pengguna jasa bandara terutama penumpang terkait dengan pengalamannya selama berada di bandar udara yang dapat mempengaruhi kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh bandar udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui key drivers kepuasan penumpang selama pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan kepada penumpang yang melakukan keberangakatan domestik melalui Bandara Adi Soemarmo selama periode Maret 2020 – Desember 2021 dengan menggunakan kuesioner Airport Service Quality (ASQ) berdasarkan framework Airport Council International (ACI). Data kemudian dianalisa menggunakan metode PLS-SEM. Variabel lingkungan, fasilitas bandara, dan keamanan merupakan variable yang menjadi key drivers kepuasan penumpang selama masa pandemic COVID-19 di Bandara Adi Soemarmo.
Copyrights © 2023