Jurnal Cyber PR
Vol 1, No 1 (2021)

Strategi Komunikasi Humas Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI Dalam Menyosialisasikan Program Lambe Hoaks

Wahyu Ilham Multaza (Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama))
Yos Horta Meliala (Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama))
Cakra Ningsih (Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama))
Yuni Retna Dewi (Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama))



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Kecenderungan masyarakat Indonesia yang menerima informasi secara mentah-mentah dan dengan mudah menyebarkannya tanpa mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dan informasi tersebut membuat hoaks masih dengan mudah beredar di internet, Sebaran hoaks dan dampak yang makin massif di Indonesia membutuhkan pendekatan dan cara yang lebih kreatif dan inovatif. Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bertugas mengawasi dan melaksanakan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika juga terus berupaya memerangi peredaran hoaks dalam Menyosialisasikan program Lambe Hoaks kepada masyarakat, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana strategi Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dalam Menyosialisasikan program lambe hoaks, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan menggunakan teori difusi inovasi oleh Everett M Roger. hasil penelitian menyatakan bahwa Proses difusi inovasi pada program Lambe Hoaks ini juga meliputi empat unsur didalamnya yaitu Inovasi, Saluran Komunikasi, Jangka waktu serta Sistem Sosial, selain itu program Lambe Hoaks merupakan sebuah inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat mengenai klarifikasi berita hoaks yang beredar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...