Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies
Vol 1, No 1 (2022)

Representasi Maskulinitas Pada Iklan Skincare The Saem Urban Eco Harakeke Cream Versi Seventeen Di Youtube

Wahyu Srisadono (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama))
Astri Miranda (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama))
Adiella Yankie Lubis (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama))



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Maskulinitas seorang pria identik dengan penggambaran fisik yang kuat, jantan, atletis, berani, tidak peduli dengan penampilan serta berjiwa petualang. Namun, saat ini terjadi pergeseran makna maskulin karena maskulin sudah merambah ke area feminin dikarenakan adanya era globalisasi dan adaptasi masuknya budaya asing salah satunya budaya Korea (Korean wave). Penelitian ini dikaji menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes. Paradigma yang digunakan adalah paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif. Dengan fokus masalah yaitu menguraikan makna penanda, petanda, mitos dalam iklan the SAEM Urban Eco Harakeke cream versi SEVENTEEN di youtube dalam sudut pandang maskulinitas direpresentasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan the SAEM Urban Eco Harakeke Cream memberi makna baru terhadap representasi maskulinitas di jaman sekarang, produk perawatan kulit menjadi salah kebutuhan laki-laki. Kondisi ini seiring dengan terjadinya pergeseran makna atau mitos terhadap maskulinitas pada postur penampilan laki-laki dalam tata pengukuran yang mengikuti perkembangan preferensi yang kekinian. 

Copyrights © 2022