JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol 2, No 3: Juni 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD

Christina Dewi Pratiwi (PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)
Firosalia Kristin (PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)
Indri Anugraheni (PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2018

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl)Berbantuan Media Mind Map untuk Meningkatkan Keaktifan dan HasilBelajar Siswa Kelas 4 SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media mind map. Jenis penelitian ini PTK.Subjek penelitian siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai tes,data hasil observasi, rubrik keaktifan. Teknik analisi data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keaktifan belajar pada prasiklus (64,70%) 22 siswatidak aktif meningkat pada siklus I menjadi (76,47%) 26 cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi (82,35%) 24 siswa yang aktif. Sedangkan untuk hasil belajar prasiklus menunjukkan ketuntasan sebesar (44%) 14 siswa kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi (59%) 20 siswa dan (85%) 29 siswa pada siklus II. Dengan demikian penerapan project based learningberbantuan media mind map dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Dukuh 01.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...