Journal of Creative Attitudes Culture (JCIC)
Vol 1 No 1 (2020): April 2020

Hubungan interaksi sosial antar siswa dengan kreativitas belajar dalam memahami pelajaran IPS

Hadi Suryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Prestasi yang dicapai seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang saling mempengaruhi, baik dalam diri siswa maupun luar diri siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor pendekatan belajar. Faktor eksternal yang berpengaruh adalah lingkungan sekolah yang meliputi guru dan teman sekolah, serta lingkungan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara interaksi sosial antar siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Sunan Drajat Sugio tahun pelajaran 2014-2015. Dari hasil penghitungan statistik diperoleh nilai koefisien korelasi antara kedua variabel sebesar 0,3468. Pada tingkat signifikansi 5% hasil tersebut signifikan karena berada diatas r tabel=0,2500. Tetapi dilihat dari besaran koefisien korelasi hasil tersebut menunjukkan hubungan yang lemah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcac

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal of Creative Attitudes Culture (JCIC): jurnal yang konsisten membahas budaha sikap kreatif dari berbagai perspektif bidang keilmuan. Fokus utama adalah menyajikan creativitas menjadi sebuah budaya yang ilmiah. jurnal ini diawal penerbitan tahun 2019 sebagai repositori untuk publikasi karya ...