Prestasi yang dicapai seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang saling mempengaruhi, baik dalam diri siswa maupun luar diri siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor pendekatan belajar. Faktor eksternal yang berpengaruh adalah lingkungan sekolah yang meliputi guru dan teman sekolah, serta lingkungan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara interaksi sosial antar siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Sunan Drajat Sugio tahun pelajaran 2014-2015. Dari hasil penghitungan statistik diperoleh nilai koefisien korelasi antara kedua variabel sebesar 0,3468. Pada tingkat signifikansi 5% hasil tersebut signifikan karena berada diatas r tabel=0,2500. Tetapi dilihat dari besaran koefisien korelasi hasil tersebut menunjukkan hubungan yang lemah
Copyrights © 2020