Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang melakukan pelanggaran disiplin di sekolah. Sehingga masalah yang menarik untuk penulis jadikan sebagai judul penelitian karena hal ini berkaitan dengan kelancaran proses belajar mengajar dan keberhasilan belajar peserta didik. Salah satu pelanggaran disiplin yang sering dilakukan peserta didik Sekolah adalah membolos saat jam pelajaran berlangsung, berkelahi, merokok saat jam istirahat, terlambat datang ke sekolah dan masih banyak pelanggaran yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan bantuan khusus yaitu layanan konseling kelompok agar permasalahan peserta didik dapat teratasi dengan harapan bisa mengubah perilaku yang tidak sesuai menjadi perilaku yang sesuai dengan peraturan tata tertib di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kenseling kelompok dalam mengatasi pelanggaran disiplin peserta didik di sekolah . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pustaka dengan teknik mengkaji berbagai literatur ang memiliki relevansi dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok dalam Mengatasi Pelanggaran Disiplin di sekolah dilaksanakan melalui bebrapa tahapan yaitu: tahapan pembukaan, tahap penjelasan dan penguatan masalah, tahap kegiatan atau tahap pengakhiran. Pelaksanaan layanan bimbingan konseling tersebut didukung dengan upaya guru BK dengan cara yaitu: pemantauan diri, penguatan fositif, kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri
Copyrights © 2021