Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang sebelum diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 2) Peningkatan daya saing peserta didik yang setelah diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 3) Mengetahui efektifitas model modifikasi tingkah laku terhadap peningkatan daya saing peserta didik pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. Desain penelitian yang digunakan adalah Time Series Design.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. Pada tahun pembelajaran 2019/2020. Yang berjumlah 36 peserta didik yang tersebar dalam 1 kelas. Sampel penelitian berasal dari kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Convenience Sampling. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang sebelum diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification). Pada pertemuan pertama sebesar 51,67 berada pada kategori cukup, pada pertemuan kedua sebesar 52,77berada pada kategori cukup, dan pada pertemuan ketiga sebesar 56,28 berada pada kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification). Pada pertemuan keempat sebesar 80,83 berada pada kategori baik, pada pertemuan kelima sebesar 85,36 berapa pada kategori baik, dan pada pertemuan keenam sebesar 88,05 berapa pada kategori baik sekali. Selanjutnya diperoleh data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00< 0,05. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang diajar setelah menggunakan model modifikasi tingkah laku lebih efektif untuk peningkatan hasil belajar fisika dari pada peserta didik yang diajar sebelum dengan menggunakan model modifikasi tingkah laku. Hal ini menunjukkan bahwa model modifikasi tingkah laku sangat efektif pada peningkatan hasil belajar fisika untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha.
Copyrights © 2021