UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023)

Pengembangan SIstem Informasi Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 2 Makassar

Ashabul Kahfi Rajab (Universitas Negeri Makassar)
Syamsurijal Syamsurijal (Universitas Negeri Makassar)
Satria Gunawan Zain (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Bimbingan dan Konseling (BK) sebagai bagian dari sekolah yang berperan penting dalam menangani permasalahan ataupun pelanggaran yang dilakukan oleh siswa sehingga dibutuhkan suatu tempat penyimpanan data yang efektif. Permasalahan yang ditemukan terkait pengolahan data BK di SMKN 2 Makassar adalah proses yang masih dilakukan secara manual, sehingga dapat berpotensi kehilangan data akibat tercecer dan juga kesulitan dalam mencari data kasus siswa. Dengan adanya sistem informasi bimbingan konseling berbasis web dapat membantu guru dalam memproses, mengolah dan menyimpan data kasus siswa, serta akses yang mudah bagi pihak yang membutuhkan data dan informasi kasus siswa, seperti orang tua siswa. Pengembangan sistem ini menggunakan model Prototype dengan 4 tahapan utama, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan dan pembuatan prototype, (3) Evaluasi prototype, dan (4) Produk akhir. Uji validasi ahli dilakukan oleh 2 orang dosen untuk mengetahui kevalidan dari aspek software/program dan diperoleh rerata sebesar 4,9 dengan memenuhi kriteria valid. Pengujian selanjutnya yaitu pada aspek praktis dan efektif yang dilakukan dengan melibatkan 30 responden dan diperoleh rerata aspek praktis yaitu 96% dan rerata aspek efektif yaitu 95% sehingga terkategori sangan praktis dan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...