Didaktika Aulia
Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam

KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP HAYATUL ISLAM BOGOR

Apid Hapidudin (STAI Al-Aulia Bogor)
Andriyansyah (STAI Al-Aulia Bogor)
Levia Andarwati (STAI Al-Aulia Bogor)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi bahwa siswa di SMP Hayatul Islam masih ada yang belum mampu membaca Al-Qur’an padahal disekolah tersebut terdapat pelajaran baca tulis Al-Qur’an sehingga mereka bisa lebih baik dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menerapkan metode korelasi dengan instrument penelitian menggunakan angket untuk membaca Al-Qur’an dan test tertulis untuk hasil belajar siswa. Kemudian data tersebut di analisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,94 > r tabel 0,374. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar PAI para siswa. Kontribusi membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar PAI siswa dihasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,89% yang dimana dalam hubungan ini kontribusi didapatkan sangat besar terhadap hasil belajar PAI siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DIDAKTIKA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Didaktika Aulia merupakan jurnal ilmiah kajian pendidikan yang khusus mempublikasikan karya-karya ilmiah yang belum pernah diterbitkan. Jurnal ini terbit berkala dua kali dalam setahun yaitu pada periode Januari-Juni dan periode Juli-Desember oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Aulia ...