EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Implementasi Model Learning Cycle 5E Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Asam Basa

Rody Putra Sartika (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Rahmat Rasmawan (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Hairida Hairida (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Masriani Masriani (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Yunita Puspasari (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Helsa Ulfa Destari (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Pingkan Ramadhan Sailendra (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Muhammad Iqbal Abdul Hafiz (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Peningkatan pemahaman konseptual materi asam basa di masa pandemi Covid-19 perlu dilakukan melalui pembelajaran daring yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap konsep Asam Basa yang diajarkan secara daring dengan model siklus belajar 5E. pada materi Asam Basa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental, dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura, dimana kelas A1 dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui pengukuran menggunakan instrumen tes hasil belajar dan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa pada kategori rendah sebesar 3,45%, kategori sedang sebesar 65,52%, dan kategori tinggi sebesar 31,03%. Rata-rata peningkatan pemahaman mahasiswa tentang konsep Asam dan Basa berada pada kategori sedang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...