Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perkembangan pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMAN 1 Mutiara. (2) tingkat pemahaman pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Mutiara. (3) faktor-faktor penghambat dalam penerapan Media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Mutiara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif Dan Jenis Penelitian ini penelitian lapangan (field study research), Teknik Pengumpulan Data yang dilakukan Observasi, wawancara dan observasi, Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMAN 1 Mutiara berjalan dengan baik dan lancar serta mampu menarik minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah, serta pada proses implementasinya di kelas sarat bermuatan nilai-nilai karakter dan nilai-nilai kesejarahan. Dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mutiara ada berbagai faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran, baik yang berasal dari guru itu sendiri (faktor internal), seperti penerapan metode pembelajaran aktif dan penggunaan media dalam pembelajaran, dan berbagai faktor yang datang dari luar guru itu sendiri (faktor eksternal) yaitu faktor dari diri siswa sendiri seperti minat dan motivasi dalam belajar sejarah, faktor tersedianya media dan sarana prasarana pembelajaran yang memadai, serta Kendala dalam penerapan Media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi monument tsunami kota sigli untuk meningkatkan nilai-nilai kesejarahan Siswa SMA Negeri 1 Mutiara diantaranya Siswa kurang aktif, Motivasi Belajar siswa rendah, Ketersediaan Sarana Prasarana dan materi tentang sejarah lokal yang masih kurang. Kata kunci : Media Pembelajaran Sejarah, Monument Tsunami, Nilai-Nilai Kesejarahan
Copyrights © 2023