Materi Sejarah Indonesia yang disajikan dalam buku teks sejarah belum menunjukkan perubahan signifikan hingga saat ini. Narasi didalamnya didominasi peristiwa besar dengan tokoh besar yang berperan di baliknya. Guru pun hanya menjelaskan narasi tersebut di dalam kelas. Fenomena ini juga terjadi di kalangan guru MGMP Sejarah Kabupaten Lumajang. Salah satu upaya untuk menjadikan sejarah lebih menarik dan tidak membosankan adalah menggali sejarah tematik di tingkat daerah, dalam hal ini kawasan Lumajang Jawa Timur. Sejarah tematik yang dimaksud yaitu narasi sejarah bertema mikro, lokal, dan unik untuk memahami masa lalu Lumajang. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) persiapan, (2) sosialisasi dan pelatihan, (3) FGD, (4) monitoring, dan (5) evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa guru sejarah mampu melakukan penelitian dan penulisan bahan ajar sejarah tematik yang dibuktikan dengan terbitnya book chapter ber-ISBN berjudul Kawasan Lumajang dalam Kajian Sejarah Tematik. Pengabdian ini juga memberikan kontribusi terhadap penulisan historiografi sejarah Kabupaten Lumajang dalam lingkup tematik dan mikro yang dapat digunakan sebagai pelengkap buku teks sejarah.
Copyrights © 2023