JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Efektivitas Asesmen Kinerja Praktikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas

Renita Mustika Dewi (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang)
Ipah Budi Minarti (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang)
M Anas Dzakiy (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Pembelajaran Biologi belum semua guru menggunakan instrumen asesmen kinerja praktikum. guru masih menggunakan asesmen secara tertulis diakhir kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa hanya duperoleh dari aspek kognitif tanpa melihat proses belajar yang dilakukan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas asesmen kinerja praktikum berbasis scientific inquiry dalam meningkatkan hasil belajar pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan pada siswa kelas XI MIPA di SMA N 2 Slawi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperimental Design bentuk pretest-posttest control grup design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, meliputi: teknis tes DAN non tes, terdiri atas: (a) pengamatan dan penilaian langsung terhadap rancangan perangkat asesmen pembelajaran kinerja praktikum oleh validitas; (b) pengamatan dan penilaian langsung terhadap keterlaksanaan dari instrumen penilaian yang diberikan kepada observer; dan (c) pemberian angkat respon kepada siswa dan wawancara langsung terhadap guru mapel Biologi untuk mengumpulkan data kelayakan asesmen pembelajaran kinerja praktikum dan teknik tes yaitu memberikan tes butir pilihan ganda kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelaS XI MIPA 2 dan MIPA 3 yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan asesmen kinerja dan yang tidak. Dilihat dari assmen afektif kognitif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Ditunjukan juga dari hasil pengujian hipotesis nilai hasil belajar siswa, diperoleh nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dengan begitu asesmen kinerja praktikum berbasis Scientific Inquiry dikatakan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...