JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Analysis of the Relationship Between Development of Teacher’s Pedagogic Competence Through Work Group Effectiveness

Muthia Mutmainnah (Program Studi Keperawatan, Universitas Jambi)
Muhammad Subandi (Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong)
Ilham Arief (Program Studi Farmasi, STIKes Widya Dharma Husada)
Sahat Simbolon (Program Studi Magister Manajemen, Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis)
Suharyatun Suharyatun (Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2023

Abstract

Pengembangan Kompetensi Pedagogik melalui KKG merupakan wadah pembinaan oleh pembina bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan pembelajaran. Namun berdasarkan hasil Uji Kompetensi Guru, nilai kompetensi pedagogik sangat rendah. Oleh karena itu, KKG harus mampu menjadi wadah pengembangan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi pedagogik melalui KKG di salah satu sekolah swasta di Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diambil dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun menggunakan triangulasi data untuk memverifikasi keakuratan data. Hasil penelitian yang dilakukan dalam KKG di salah satu sekolah swasta di Provinsi DKI Jakarta, telah terlaksana dengan baik. Secara khusus adalah sebagai berikut: kegiatan pengembangan kompetensi pedagogik guru melalui KKG dan manfaat pengembangan kompetensi pedagogik guru melalui KKG.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...