Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Self esteem pada siswa dengan melakukan layanan bimbingan kelompok pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Subjek penelitian Tindakan Layanan ini adalah siswa kelas 7 yang berjumlah 8 orang. Dalam penelitian ini 6 orang yang merupakan siswa dengan self esteem yang rendah dan 2 orang merupakan siswa yang memiliki self esteem sedang, guna memenuhi sifat yang heterogen. Instrumen yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Berdasarkan hasil yang didapatkan setelah pelaksanaan siklus satu tindakan I maka self esteem pada siswa sebesar 40,97%, kemudian pada pelaksanaan siklus satu tindakan II self esteem pada siswa sebesar 63,37%. Sedangkan pada siklus dua tindakan III self esteem pada siswa sebesar 78,99% dan pada siklus dua tindakan IV hasil perhitungan angket self esteem sebesar 90,54%. Maka dari keempat tindakan layanan bimbingan kelompok yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa self esteem pada siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.
Copyrights © 2023