JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Pua T.A 2021/2022

Afrida Hanum (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Haida Fitri (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Imamuddin Imamuddin (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Aniswita Aniswita (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Pua. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Sebelum itu terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas pada data populasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh t_hitung=8,78 dan t_tabel=2,021. Sedangkan menggunakan Software Minitab diperoleh P_value=0,000. Karena t_hitung>t_tabel dan P_value<? dengan taraf nyata ?=0,05 maka tolak H_0. Jadi kesimpulannya adalah “Terdapat pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2021/2022”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...