Jurnal Kependidikan Islam
Vol. 13 No. 1 (2023): Februari

Optimalisasi EMIS (Education Management Information System) melalui Mentoring Berkelanjutan pada Seksi PD Pontren Kantor Kemenag Kota Pasuruan

Alifa Rifdatus Sofwani (Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya)
Tri Siwi Agustina (Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya)
Ahmad Marzuqi (Kementerian Agama Kota Pasuruan)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

EMIS (Education Management Information System) merupakan sistem informasi manajemen yang dikembangkan oleh Kementerian Agama untuk memudahkan input data lembaga pendidikan, seperti: Madrasah, Pondok Pesantren, dan Pendidikan Tinggi Islam. Tujuan pengembangan EMIS di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam antara lain: menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan dalam perumusan kebijakan, perencanaan penyelenggaraan pendidikan, pengembangan poyek, penyusunan anggaran dan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana EMIS dapat diperhatikan kebenaran datanya dan selalu di-update secara berkala. Metode yang digunakan yakni metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan informan yaitu operator PPs yang dituju, tim gabungan visitasi lembaga, dan operator PD Pontren Kemenag Kota Pasuruan. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EMIS PPs mengalami kenaikan presentase update data setelah dilakukan Turba. Dengan rincian data yang sebelumnya hanya terisi sebanyak 28 lembaga dari total 32 lembaga menjadi 31 lembaga terisi. Satu lembaga yang memang tidak mengisi memilih mengundurkan diri dan memperpanjang Ijin Operasional. Sedangkan mentoring berkelanjutan yang dimaksud merupakan bimbingan secara berkala dengan tolok ukur updating EMIS. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah validasi data yang akan di input. Karena data tersebut sebagai acuan pengambilan keputusan dan kebijakan oleh Kementerian Agama RI ataupun Kota Pasuruan sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Kependidikan Islam is a double-blind reviewed academic journal published by Department of Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam published be-annual, February and August. It concern in the development of Islamic education, conceptual innovation or ...